Pertama dapet project, karena dulu bgt masih newbie, lom dapet pelajaran Project Managemetnnya pak AAA, so begini deh pengalaman project pertama gw.

Project pertama tu dapet project SIM RS di kota X deket Makasar.

Awal project ditawarin ma mr. JR dia dapet tawaran buat nawarin project apa aja buat temennya mr. B, pokoknya project mesti goal deh. Langsung deh semua proposal project di keluarin, langsung beberapa minggu kemudian dpt kabar project SIM RS berhasil. Alhamdulillah.

Tapi budjet anggaran daerah cuma 1/3 dari harga penawaran dulu, tapi dengan niat it’s our first project, so we have to give a friendly introduction project, so akhirnya ya udah deh disetujui dengan anggaran yang mepet, tapi kita nego dengan down spek, en deal !!!

Karena jauh en ga ada budgetnya, akhirnya gw minta mr. B sebagai pemilik project untuk kasi kontribusi k project dengan memberikan data-data awal yang diperlukan di RS yang dimaksud (secara gw en tim d Bandung, sedangkan project jauh d Indonesia timur). Sampai hari H keberangkatan, kita blingsatan soalnya data-data lom masuk, untuk SIM RS dah dibuat tinggal customisasi terbatas.

Sampe di lokasi, ngobrol … baru deh ketauan kalo komunikasi mr. JH en mr. B ga jalan.  semua yang gw minta ke mr. B lewat m. JH ga kesampaian. Masa judulnya ngerjain SIM RS kita juga harus ngerjain instalasi infrastruktur jaringan, instalasi OS, bahkan ngerakit meja komputer (damn !!!). Ya udah, krn emang dah di lokasi en dah kesalahan d tim kami (mr. JH di tim kami), akhirnya kita ok kan aja deh.

Kerja instlasi tanpa dibayar ya baru kali ini, instalasi 6 titik awal serasa romusha !!!

Yang lebih parah setelah kita komunikasi dengan pihak RS, mereka minta spek yang seperti SIM RS tempat mereka dulu study banding, walahhhh. Kalo soal ini sih tim jelas ga bakal kasi bu !!! Akhirnya kita jelasin kalo spec yang akan kita kerjain ga seperti yang mereka harap (untung di TOR project ga ada ngomongin spec yang mereka maui) en kita ga bisa kasi karena harga yang jauh dari penawaran.

Kita konsultasi k mr.B tentang hal ini, en parahnya mr. B malah belagak ga tau tentang down spec yang kita mo kerjain. Kita konfirm k mr. JH d bandung apa dah berkomunikasi dengan mr. B tentang down spec akhir, en jawabnya udah (bingungkan siapa yang salah :). Akhirnya disepakati kalo kita untuk tahap awal akan kerjain spec kita aj.

Instalasi software, pelatihan tiga hari, langsung cabut. Jd ga inget deh buat bikin first friendly introduction projectnya, soalnya gw yakin … next project will be like this, en sory … no more deh !!!